Pemberitahuan Privasi Perekrutan McKinsey & Company

Berlaku sejak tanggal 4 Desember 2017.

McKinsey & Company Inc., beserta anak perusahaan dan afiliasinya (“McKinsey”, “kami”, atau “kita”), memahami pentingnya privasi bagi Anda. Anak perusahaan dan afiliasi McKinsey akan memproses data pribadi Anda dalam kapasitasnya sebagai pengendali data. Kami berkomitmen untuk menghormati privasi dan melindungi data pribadi Anda, yakni segala informasi yang dapat mengidentifikasi Anda sebagai individu. Pemberitahuan Privasi Perekrutan (“Pemberitahuan Privasi”) menjelaskan cara kami menangani serta melindungi data pribadi Anda yang berkaitan dengan proses dan program perekrutan.

Pemberitahuan Privasi ini hanya berlaku untuk data pribadi pelamar kerja, kandidat calon karyawan, dan program serta acara perekrutan opsional kami. Hal ini tidak berlaku bagi karyawan, kontraktor atau klien kami, atau data pribadi lain yang dikumpulkan McKinsey untuk tujuan lain.

Sebagaimana digunakan dalam Pemberitahuan Privasi ini, “data pribadi” berarti informasi yang mengidentifikasi pelamar dan kandidat karyawan yang berpotensi bekerja bersama kami, baik dikirimkan sebagai bagian dari pengajuan lamaran online dan/atau melalui saluran alternatif (misalnya melalui perusahaan perekrutan profesional).

Kami akan memproses data pribadi Anda sesuai dengan Pemberitahuan Privasi ini, kecuali jika pemrosesan tersebut bertentangan dengan persyaratan hukum yang berlaku. Dalam hal ini, hukum yang berlaku yang akan diterapkan.

Dengan mengirimkan data pribadi Anda kepada kami, Anda menyatakan bahwa:

  • Anda telah membaca dan memahami Pemberitahuan Privasi ini dan menyetujui penggunaan data pribadi Anda sebagaimana ditetapkan dalam ketentuan ini.
  • Data pribadi Anda dapat dipindahkan dan diproses di seluruh dunia, termasuk di negara-negara yang mungkin tidak menyediakan tingkat perlindungan data yang sama dengan negara asal Anda, untuk tujuan dan dengan cara yang disebutkan dalam Pemberitahuan Privasi ini.
  • Anda tidak diwajibkan untuk memberikan segala informasi yang diminta kepada kami, namun kegagalan dalam melakukan hal tersebut dapat berakibat pada ketidakmampuan melanjutkan pencalonan diri Anda terkait lamaran pekerjaan yang Anda ajukan.
  • Seluruh pernyataan Anda benar dan sesuai berdasarkan pengetahuan dan keyakinan terbaik Anda, serta Anda tidak secara sengaja menghilangkan informasi terkait apa pun dengan niat buruk. Pemberian segala informasi yang tidak akurat akan membuat Anda tidak memenuhi syarat untuk diterima bekerja.
  • Pemberitahuan Privasi ini tidak menjadi bagian dari kontrak kerja apa pun yang ditawarkan kepada kandidat yang dipekerjakan oleh McKinsey.

Data pribadi yang kami kumpulkan

Jenis data pribadi yang kami minta dari Anda dan cara kami memprosesnya ditentukan oleh peraturan di negara tempat jabatan tersebut berada, bukan di negara tempat Anda tinggal. Apabila Anda mengajukan lamaran ke lebih dari satu lokasi atau jika Anda mengajukan lamaran untuk peran yang tersedia di lebih dari satu negara, jenis data pribadi yang kami minta dari Anda dan cara kami memprosesnya ditentukan oleh peraturan di semua negara tempat jabatan tersebut berada.

Kami biasanya mengumpulkan data pribadi Anda secara langsung saat Anda mengajukan lamaran untuk suatu jabatan kepada kami, misalnya nama Anda, alamat, informasi kontak, riwayat pekerjaan dan pendidikan, prestasi, serta hasil tes. Kami juga dapat mengumpulkan data pribadi tentang Anda dari pihak ketiga, misalnya dari perusahaan perekrutan profesional, referensi Anda, perusahaan sebelumnya, karyawan McKinsey yang mewawancarai Anda, dan penyedia pemeriksaan latar belakang tenaga kerja, sejauh hal ini diizinkan oleh hukum yang berlaku.

Data pribadi sensitif adalah bagian dari data pribadi dan meliputi kelompok etnis, kesehatan, keanggotaan serikat pekerja, keyakinan filosofis, orientasi seksual, serta kategori lain yang disebutkan dalam hukum. Kami tidak berusaha untuk memperoleh dan tidak mengumpulkan data tentang kandidat kecuali jika diizinkan oleh hukum yang berlaku (misalnya pengawasan kesetaraan kesempatan kerja di A.S.).

Penggunaan data pribadi Anda

Kami mengumpulkan dan menggunakan data pribadi Anda untuk keperluan sumber daya serta alasan manajemen bisnis yang sah, termasuk:

  • mengidentifikasi dan mengevaluasi kandidat karyawan potensial, serta jabatan di masa mendatang yang mungkin tersedia;
  • melakukan pengarsipan terkait dengan perekrutan dan penerimaan kerja;
  • memastikan kepatuhan terhadap persyaratan hukum, termasuk persyaratan serta praktik keberagaman dan inklusi;
  • melaksanakan pemeriksaan riwayat pidana sebagaimana diizinkan oleh hukum yang berlaku;
  • melindungi hak hukum sejauh yang diizinkan atau diperbolehkan oleh hukum; atau
  • situasi darurat yang mungkin membahayakan kesehatan ataupun keselamatan individu atau sekelompok individu.

Kami juga dapat menganalisis data pribadi atau data yang dikumpulkan/disamarkan untuk meningkatkan proses perekrutan dan penerimaan kerja kami, serta meningkatkan kemampuan kami untuk menarik para kandidat yang berhasil.

Kami memproses data pribadi Anda untuk tujuan yang telah disebutkan sebelumnya: jika kami mendapatkan persetujuan Anda untuk melakukannya; jika kami akan melakukan kontrak hubungan kerja dengan Anda; jika kami harus mematuhi kewajiban hukum; atau jika dibutuhkan untuk tujuan kepentingan sah kami sebagai penyedia lapangan kerja yang beroperasi secara global.

Kami mungkin ingin menyimpan data pribadi Anda agar kami dapat mempertimbangkan Anda untuk kesempatan kerja di masa mendatang. Dalam hal tersebut, kami akan meminta persetujuan Anda, baik sebelum maupun setelah Anda mengajukan lamaran kerja secara formal, untuk menjadi bagian dari salah satu program perekrutan kami yang menyediakan cara untuk mempelajari McKinsey lebih lanjut. Program perekrutan ini sepenuhnya bersifat opsional. 

Apabila Anda bergabung dalam program perekrutan, namun selanjutnya ingin mundur dari program ini, hubungi kami di keep-in-touch@mckinsey.com. Untuk kandidat yang tinggal di Jerman, hubungi kami di karriere@mckinsey.com.

Penerima data dan pemindahan data internasional

Data pribadi Anda mungkin diakses oleh perekrut dan pewawancara yang bekerja di negara yang menyediakan jabatan untuk lamaran yang Anda ajukan, serta oleh perekrut dan pewawancara yang bekerja di negara berbeda dalam organisasi global McKinsey. Individu yang melaksanakan fungsi administratif dan personel TI di McKinsey dapat memiliki akses terbatas terhadap data pribadi Anda untuk melaksanakan pekerjaan mereka. Di beberapa negara, Anda mungkin memiliki hak yang lebih sedikit berdasarkan hukum setempat dibandingkan dengan hukum di negara tempat Anda tinggal, namun kami telah menerapkan mekanisme hukum yang dirancang untuk memastikan perlindungan data yang memadai untuk data pribadi Anda yang diproses oleh anak perusahaan dan afiliasi McKinsey dalam organisasi global McKinsey, termasuk pemindahan data pribadi Anda ke negara di luar negara tempat Anda tinggal.

Kami menggunakan penyedia layanan pihak ketiga untuk menyediakan sistem perangkat lunak perekrutan. Kami juga membagikan data pribadi Anda kepada penyedia layanan pihak ketiga lain yang dapat membantu kami dalam merekrut karyawan unggulan, menyelenggarakan, dan mengevaluasi penyaringan serta pengujian sebelum menerima tenaga kerja, serta meningkatkan praktik perekrutan kami.

Kami melaksanakan proses yang dirancang untuk memastikan bahwa segala pemrosesan data pribadi oleh penyedia layanan pihak ketiga sejalan dengan Pemberitahuan Privasi ini serta melindungi kerahasiaan, ketersediaan, dan integritas data pribadi Anda. Apabila diwajibkan oleh hukum, kami memberlakukan mekanisme hukum yang dirancang untuk memastikan perlindungan data yang memadai untuk data pribadi Anda di negara ketiga. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai mekanisme hukum ini, yang dapat meliputi EU’s Standard Contractual Clauses (Klausul Kontraktual Standar Eropa), harap hubungi kami di alamat yang tercantum di akhir Pemberitahuan Privasi ini.

Selain itu, kami dapat mengungkapkan atau memindahkan data pribadi Anda apabila terjadi reorganisasi, merger, penjualan, usaha bersama, penugasan, atau pengalihan maupun pembagian seluruh atau sebagian hak dari bisnis kami.

Penyimpanan data

Apabila Anda menerima tawaran pekerjaan yang kami berikan, segala data pribadi terkait yang dikumpulkan selama periode sebelum penerimaan kerja akan menjadi bagian dari catatan personel Anda dan akan disimpan sesuai dengan peraturan di negara tertentu. Apabila kami tidak mempekerjakan Anda, kami mungkin akan tetap menyimpan dan menggunakan data pribadi Anda untuk beberapa waktu (yang mungkin bervariasi tergantung pada negara) untuk keperluan administrasi sistem guna mempertimbangkan potensi Anda untuk peran di masa mendatang, serta untuk melakukan riset. Kemudian, kami menyimpan data pribadi Anda secara minimum untuk mencatat aktivitas perekrutan Anda bersama kami.

Jika Anda memilih untuk bergabung dengan program perekrutan, kami menyimpan data pribadi Anda sebagai bahan pertimbangan kesempatan kerja di kemudian hari dan selama periode waktu yang dikhususkan untuk program tersebut, kecuali Anda memilih untuk keluar sebelum waktu yang ditentukan.

Keamanan

Kami telah menerapkan standar keamanan teknis dan operasional yang berlaku umum untuk melindungi data pribadi dari kehilangan, penyalahgunaan, perubahan, atau pemusnahan. Hanya personel McKinsey dan penyedia layanan pihak ketiga yang berwenang yang memiliki akses menuju data pribadi. Karyawan dan penyedia layanan pihak ketiga ini diwajibkan untuk memperlakukan informasi ini sebagai informasi rahasia. Terlepas dari tindakan pencegahan ini, kami tidak dapat menjamin bahwa pihak yang tidak berwenang tidak akan memperoleh akses menuju data pribadi Anda.

Hak Anda

Kami mengambil langkah wajar yang dirancang untuk menjaga data pribadi Anda tetap akurat, lengkap, dan aktual untuk keperluan pengumpulan serta penggunaan data tersebut. Kami juga telah menerapkan tindakan yang dirancang untuk memastikan bahwa pemrosesan data pribadi Anda mematuhi Pemberitahuan Privasi dan hukum yang berlaku.

Anda berhak untuk meminta akses terhadap data pribadi Anda yang telah kami kumpulkan untuk keperluan peninjauan, perubahan, atau pengajuan permohonan penghapusan data. Anda berhak untuk meminta salinan data pribadi Anda yang telah kami kumpulkan dan memperbaiki apa pun yang tidak akurat mengenai Anda. Anda juga berhak meminta agar kami berhenti memproses data pribadi Anda (misalnya jika Anda memilih untuk mundur dari program perekrutan kami), dengan catatan kami mungkin perlu menyimpan data pribadi tertentu jika dibutuhkan atau diizinkan oleh hukum yang berlaku.

Apabila Anda ingin mengajukan permohonan akses, meninjau, atau memperbaiki data pribadi Anda yang telah kami kumpulkan, atau untuk mendiskusikan cara kami memproses data pribadi Anda, hubungi kami di apps_help@mckinsey.com.

Untuk membantu melindungi privasi dan keamanan Anda, kami akan mengambil langkah wajar dalam memverifikasi identitas Anda sebelum memberikan akses ke data pribadi Anda. Kami akan melakukan upaya yang wajar untuk segera menyelidiki, mematuhi, atau menanggapi permohonan Anda sebagaimana diwajibkan oleh hukum yang berlaku. Bergantung pada keadaan dan permohonan, kami mungkin tidak diizinkan untuk memberikan akses ke data pribadi atau memenuhi permohonan Anda; misalnya, jika mengungkapkan informasi Anda dapat mengungkap identitas orang lain. Kami berhak untuk mengenakan biaya yang sesuai guna memenuhi permohonan Anda jika diizinkan oleh hukum yang berlaku, dan/atau untuk menolak permohonan Anda bilamana, menurut pertimbangan Perusahaan, permohonan tidak berdasar, berlebihan, atau tidak dapat diterima oleh hukum yang berlaku.

Selain itu, jika diizinkan oleh hukum yang berlaku, Anda berhak untuk menyampaikan pengaduan kepada otoritas perlindungan data yang kompeten.

Kami tidak membuat keputusan perekrutan atau penerimaan kerja semata-mata berdasarkan pengambilan keputusan otomatis.

Cookie dan teknologi pelacakan lainnya

Kami menggunakan cookie, web beacon, pixel, clear gif, dan teknologi serupa lainnya (bersama-sama disebut “Cookie dan Teknologi Pelacakan Lainnya”) dari pihak pertama dan pihak ketiga untuk mengidentifikasi Anda dan minat Anda, untuk mengingat preferensi Anda, dan melacak penggunaan situs kami oleh Anda. Kami juga menggunakan Cookie dan Teknologi Pelacakan Lainnya untuk mengendalikan akses terhadap konten tertentu pada situs web kami, untuk melindungi situs web, dan memproses permintaan apa pun yang Anda ajukan kepada kami.

Beberapa aktivitas perekrutan online kami diselenggarakan oleh pihak ketiga. Saat Anda mengakses situs yang dijalankan oleh pihak ketiga tersebut, mereka dapat, sejalan dengan Kebijakan Cookie kami, menempatkan Cookie dan Teknologi Pelacakan Lainnya di perangkat Anda. Anda dapat mempelajari tentang penggunaan Cookie serta teknologi pelacakan lainnya oleh kami dengan membaca Kebijakan Privasi dan Cookie kami.

Untuk kandidat dari Negara lain

Pernyataan Privasi ini juga tersedia dalam bahasa berikut:

  • Bahasa Arab
  • Bahasa Burma
  • Bahas Tiongkok (sederhana)
  • Bahas Tiongkok (tradisional)
  • Bahasa Kroasia
  • Bahasa Ceko
  • Bahasa Belanda
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Prancis (Kanada)
  • Bahasa Prancis (Prancis)
  • Bahasa Jerman
  • Bahasa Hungaria
  • Bahasa Indonesia (Bahasa)
  • Bahasa Italia
  • Bahasa Jepang
  • Bahasa Korea
  • Bahasa Melayu (Melayu)
  • Bahasa Polandia
  • Bahasa Portugis (Brasil)
  • Bahasa Rumania
  • Bahasa Rusia
  • Bahasa Serbia
  • Bahasa Spanyol
  • Bahasa Thailand
  • Bahasa Ukraina
  • Bahasa Vietnam

KONTAK

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai Pemberitahuan Privasi ini, Kebijakan Privasi atau Kebijakan Cookie kami, silakan hubungi kami di:

McKinsey & Company
Legal Department
55 East 52nd Street
New York, NY 10022
212-446-7000
privacy_information@mckinsey.com

McKinsey berhak mengubah Pemberitahuan Privasi ini. Kami akan memposting perubahan apa pun dalam Pemberitahuan Privasi kami pada laman ini. Kunjungi laman ini secara berkala untuk senantiasa mengikuti perkembangan Pemberitahuan Privasi.